Rumah Vaksinasi

jadwal imunisasi

Hampir setiap bulan, sejak Alea lahir, saya selalu rutin memvaksinkan Alea ke rumah sakit. Awalnya di Pasar Rebo karena sekalian kontrol ke Dokter Spesialis Anak (DSA) yang menangani Alea ketika lahir. Tapi berhubung waktu itu dokternya sedang tidak praktik, Alea ditangani oleh DSA yang lain. Sayangnya saya agak kurang sreg dengan cara menangani Alea. Agak kurang gimana gitu kalau menangani bayi. Semoga ini cuma perasaan saya saja.

Untuk alasan itu pulalah saya hanya sampai vaksinasi awal saja di RS Pasar Rebo, selanjutnya pindah ke rumah sakit swasta yaitu RS Meilia, di daerah Cibubur. Berhubung saya waktu itu belum ‘kenal’ harus dengan dokter siapa. Saya random saja, seadanya yang praktik siang itu. Kebetulan saya hanya punya waktu luang di hari Sabtu dan Minggu, jadi setiap vaksin selalu di hari Sabtu.

Di RS Meilia ternyata Alea ditangani oleh dr. Retno Saraswati, SpA., M.Kes. Dokternya asyik, komunikatif, teliti, dan sabar. Selama beberapa bulan setiap kali vaksin di sana. hanya 2x saja ketika dr. Retno tidak ada, saya terpaksa ganti dokter lain yang available hari itu, ada dr. Handarmi, SpA., dan dr. Yuni Kurnia P., SpA. Mereka berdua asyik, sabar, komunikatif, dan memberi ruang seluas-luasnya bagi kami untuk bertanya dan bercerita.

Mereka juga tak segan untuk memberi masukan atau jawaban-jawaban atas pertanyaan polos kami yang masih newbie ini. Seperti misalnya kenapa bayi saya pupnya tidak setiap hari, bisa 2-3 hari sekali. Sebagai orangtua pasti galau ya, kok bayinya buang air besarnya tidak setiap hari. Kadang kita saja yang dewasa kalau buang air besar tidak lancar saja pasti perut juga tidak nyaman. Gimana kalau bayi? Apakah dia juga merasakan tidak nyaman seperti orang dewasa? Jawabannya: “coba ibu jangan makan jagung apapun bentuknya. Ibu juga banyak makan serat dan buah, seperti pepaya, biar baby-nya buang air besarnya lancar.”. Saya ingat-ingat lagi dong, eh ternyata benar, itu gara-gara saya suka banget makan perkedel (dadar) jagung 😦 . Owalah, tahu gitu saya nggak makan, ya 😐 . Atau pertanyaan, sampai usia berapakah kepala bayi akan menutup? Ternyata sampai kurang lebih 1 tahun baru menutup sempurna.

Nah, semenjak saya pindah ke Mampang, saya jadi agak mikir-mikir kalau harus ke RS Meilia yang lumayan jauh itu. Dulu pertimbangannya kenapa kami pilih RS Meilia, karena rumah mertua kebetulan di daerah Cipayung, dan saat itu kami masih tinggal di sana, jadi kalau mau ke Cibubur tinggal selemparan beha doang :lol:. Nah, sekarang harus cari alternatif juga nih, mengingat kami tidak ada kendaraan selain motor.

Lha kok ndilalah, di dekat rumah ada Rumah Vaksinasi. Sudah pernah dengar sih tentang Rumah Vaksinasi sebelumnya. Tapi kalau melihat bentuk rumah vaksinasi itu seperti apa, belum pernah. Hingga akhirnya saya bertempat tinggal di Mampang dan kok ya bertemulah saya dengan Rumah Vaksinasi ini.

Kebetulan Alea masih ada 3 vaksin yang belum dijalani, yaitu PCV, Rotavirus, dan Campak. Akhirnya, sepulang kantor saya sempatkan untuk mampir ke sana sekadar untuk mencari informasi seputar syarat dan harga. Tentu saja sebelum ke sana saya sudah browsing dulu seputar harga vaksinnya πŸ˜€

Di Rumah Vaksinas kita cuma butuh diregistrasi dan membayar harga vaksinnya saja. Biaya dokter dan registrasinya free. Sempat juga saya bandingkan dengan harga vaksin di RS Meilia, ternyata relatif sama. Bedanya, di RS sebelumnya ada biaya pendaftaran dan biaya dokter, kalau di Rumah Vaksinasi kita cuma bayar biaya vaksinnya saja. Semua dijelaskan secara terbuka kok, dan bisa dilihat juga di sini .

Akhirnya, cobalah saya memvaksinasikan Alea di Rumah Vaksinasi. Rumah Vaksinasi yang di Mampang ini beralamatkan di Jln. Mampang Prapatan IV No. 69, Jakarta Selatan. Jadwal praktiknya hari Selasa dan Kamis pukul 19.00-21.00 wib, dan hari Sabtu pukul 09.30-13.00 wib. Ada dr. Innes Ericca dan receptionist-nya ramah banget. Memang sih ruangannya tidak terlalu besar, tapi cukuplah kalau untuk sekadar memvaksinasi dan konsultasi saja. Nyaman kok ;). Oh ya, pertama kali saya bertemu Tante Dokter ini (demikian dia membahasakan dirinya pada Alea) kesan saya positif; dokter yang ramah, komunikatif, dan teliti.

So, sepertinya sejauh ini saya dan papanya Alea cocok tuh dengan Rumah Vaksinasi. Jadi kayanya next time kami akan ke Rumah Vaksinasi untuk kebutuhan vaksin Alea. Selain lokasinya dekat, dokternya komunikatif dan asyik, yang lebih penting biayanya juga ramah di dompet, hihihihik. Ya maklumlah ibu-ibu..

:mrgreen:

– devieriana –

sumber tabel jadwal imunisasi dari sini

Leave a Reply

